07 Mei 2009

Memulai Karier Sebagai Penulis

Apa susahnya sih menjadi penulis? Seseorang yang memulai karier sebagai penulis, kadang tidak sadar tentang dunia yang mereka masuki. Terjun menjadi penulis tanpa perhitungan biasanya akan menjadikan menulis menjadi pekerjaan yang menjemukan seperti pekerjaan kantoran lainnya. Di bawah ini akan ditunjukkan 7 buah tips bagi Anda yang baru memulai karier sebagai penulis.

Tips 1 : Mengatasi penolakan
Setiap penulis mengalami penolakan. Karya yang ditolak oleh penerbit memang menyakitkan. Camkan hal ini : Anda tidak akan menjual semua yang Anda tulis. Mungkin Anda tidak akan menjual sebagian besar dari tulisan Anda. Biasakan diri Anda untuk menghadapi penolakan. Dunia tidak runtuh saat tulisan Anda dtolak. Buat tulisan dengan ide yang lain dan kirimkan kembali. Anda juga tidak perlu menanggapi penolakan dari penerbit secara personal. Kebanyakan editor tidak punya waktu untuk memberikan alasan mengapa karya Anda tidak dapat diterbitkan. Kebanyakan masalahnya bukan pada kemampuan Anda menulis.

Tips 2 : Mengatasi kritik
Setiap penulis akan menerima kritik. Bahkan penulis yang paling terkenal pun perlu merevisi tulisannya. Jadi tanggapilah kritik dengan santai. Mintalah saran dari editor tentang apa yang diperbaiki dari tulisan Anda. Berusahalah menjadi orang yang berpikiran terbuka. Mungkin Anda tidak hanya akan mendapat kritik dari editor, tap juga dari pembaca.

Tips 3 : Banyak melakukan riset
Banyak orang salah mengerti tentang pekerjaan menulis. Anggapannya adalah menjadi penulis adalah menulis dan menulis saja. Anggapan ini salah besar. Seseorang penulis yang baik akan lebih banyak menghabiskan waktu untuk melakukan riset daripada menulis. Pengertian riset disini bisa bermacam-macam, bisa membaca, mengamati, menonton, dan mencatat. Bacalah semua buku, yang pada waktu biasa tidak akan Anda baca. Tontonlah semua film yang tidak hanya Anda sukai. Keluarlah dari rumah, berjalan-jalan, dan bertemu orang-orang yang berbeda-beda akan memperkaya pengetahuan Anda. Anda tidak akan tahu kapan Anda membutuhkan pengetahuan Anda nanti.

Tips 4 : Anda harus punya kemampuan menulis
Banyak orang yang tidak peduli apakah tulisannya benar atau tidak secara tata bahasa. Jangan ragu untuk mempelajari tata bahasa, gramatika, gaya bahasa, atau perihal bahasa lainnya yang mungkin tidak menarik untuk dipelajari. Tetapi ini adalah modal Anda. Dengan menggunakan tata bahasa yang benar, maka Anda akn memudahkan tulisan anda dibaca oleh oranglain termasuk editor. Anda juga akan terlihat profesional di mata penerbit.

Tips 5 : Selalu kirimkan tulisan terbaik
Anda harus selalu mengirimkan tulisan Anda yang terbaik. Selalu lakukan hal itu. Jangan kirimkan karya yang belum jadi atau yang masih banyak kesalahan. Setiap penulis, terkenal atau tidak, akan selalu dinilai dari hasil tulisannya.

Tips 6 : Bawalah selalu buku catatan atau jurnal
Anda sebaiknya selalu membawa buku catatan atau jurnal kemanapun Anda pergi. Anda tentu tidak tahu, kapan ide brilian muncul. Ketika ide tersebut muncul, Anda selalu siap untuk mencatatnya. Sekarang seorang penulis dimudahkan dengan teknologi, Anda bisa mengganti buku catatan dengan laptop, tablet pc, pda, smartphone, atau gadget lain yang Anda sukai. Prinsipnya, selalu siap mencatat ide kapan pun, dimana pun. Bisa saja Anda mencatatnya di dalam ingatan, tapi pastikan Anda bukan orang yang mudah lupa.

Tips 7 : Cintailah menulis
Jangan cuma menganggap menulis sebagai pekerjaan. Buatlah menulis seperti pekerjaan yang sangat menyenangkan, kegiatan yang sangat Anda cintai. Jika Anda menganggap sebaliknya maka pada akhirnya menulis sama saja seperti pekerjaan lain yang menjemukan. Love it ! Kalau Anda beruntung Anda akan menjadi kaya dari menulis. Atau jika belum, setidaknya Anda memperoleh kebahagiaan dari menulis.

Tidak ada komentar: