07 Mei 2009

Tips Menulis

Segmen ini merupakan kumpulan artikel tentang cara menulis yang efektif. Walaupun artikel ini lebih dikhususkan untuk menulis buku,kita tetap dapat mengaplikasikan atau menerapkan intisari dari tips menulis ini, pada kegiatan berhubungan dengan tulis- menulis. Penulis sendiri merasa cukup terbantu dengan membaca artikel ini, terutama pada saat skripsi dan membuat konten blog.

Menciptakan Karakter Fiksi yang Nyata
Salah satu kunci dalam menulis fiksi yang baik adalah dengan menciptakan karakter yang menarik. Tidak cukup hanya dengan menarik, tetapi juga harus "believeable". Berikut ini akan ditunjukkan beberapa tips bagaimana membuat karakter yang "believeable" tersebut.


Mitos-Mitos yang Menghalangi Anda Untuk Menulis
Ada banyak mitos yang bisa menghalangi Anda untuk menulis. Mitos seringkali sangat mempengaruhi pola pikir kita. Padahal belum tentu sebuah mitos seratus persen benar. Anda cukup lihat dengan sudut pandang yang berbeda, maka mitos itu tidak akan menghalangi Anda untuk menjadi penulis yang handal.


Not In The Mood
Bete. Suntuk. Bad Mood. Ide sama sekali tidak keluar. Dibela-belain begadang juga tidak keluar idenya. Untuk menuliskan kalimat pertama saja sulitnya tak terkira. Kadang ide sudah didapat, tetapi bingung dimana harus memulainya. Setiap penulis pasti pernah mengalami hal ini. Bagaimana cara mengatasinya?


Jurnal, Sahabat Setia Penulis
Jika Anda ingin menjadi seorang penulis yang baik, maka Anda sebaiknya memiliki jurnal. Artikel ini akan membahas pentingnya jurnal dalam mendukung karier penulis. Selain itu juga dibahas beberapa manfaat dan tips mengoptimalkan jurnal.


12 Tips Mengirimkan Naskah ke Penerbit
Bingung kenapa naskah ditolak terus? Bagaimana sebaiknya mengirimkan naskah ke Penerbit? Apa yang sebaiknya dikirimkan? Apa saja dokumen yang perlu dikirimkan? Di sini Anda akan temukan 12 tips cara paling jitu mengirimkan naskah ke penerbit.


Memulai Karier Sebagai Penulis
Terjun menjadi penulis tanpa perhitungan biasanya akan menjadikan menulis menjadi pekerjaan yang menjemukan seperti pekerjaan kantoran lainnya. Di dalam artikel ini akan ditunjukkan 7 buah tips bagi Anda yang baru memulai karier sebagai penulis.


Tahapan Dalam Menulis
Bagaimana cara menulis dengan baik, efisien dan efektif? Ada banyak cara yang dapat digunakan seorang untuk bisa menulis. Setiap orang berbeda-beda. Namun pada prinsipnya dapat dibagi dalam 5 tahap kegiatan. Anda dapat mengikuti tahapan-tahapan ini, yang dapat berlaku untuk penulisan fiksi ataupun non-fiksi.


Menggunakan Nama Samaran
Tulisan ini akan membahas penggunaan nama samaran atau alias, alasan mengapa penulis menggunakan nama samaran, dan juga apa untung dan ruginya menggunakan nama samaran.


Mencari Ide
Artikel ini membahas tentang pencarian ide yang diperlukan untuk menulis.


Menjadi Kaya dari Menulis
Menjadi penulis masih menjadi cita-cita yang kesekian dibandingkan cita-cita lain. Kenyataannya adalah seperti banyak profesi lain, profesi penulis juga menjanjikan kesuksesan dan juga materi asal Anda tahu menjalaninya. Artikel ini akan memberikan tips untuk hidup berkecukupan sebagai penulis.

Sumber : www.info-virtual.co.cc

Tidak ada komentar: