04 Mei 2010

Diklatsar 2010

Diklatsar Menuju Perwatakan Pemuda Indonesia
Oleh : Arya'99

Diklatsar atau yang sering juga disebut sebagai Pendidikan Latihan Dasar bagi Calon Paskibraka Kabupaten Bekasi Tahun 2010 baru saja usai dilaksanakan. Acara yang berlangsung sejak tanggal 30 April, 1 dan 2 Mei 2010 di Plaza Pemda Bekasi itu dibuka oleh kasih bidang pemuda, Disparbudpora Kabupaten Bekasi, Drs. Hasan Asari, M.Pd pada hari Sabtu 1 April 2010. Dalam pembukaan itu beliau menghimbau kepada peserta Diklatsar bahwa Diklatsar merupakan sebuah salah satu rangkaian untuk menjadi seorang Paskibraka, selain itu beliau juga menekankan kepada peserta kegiatan untuk mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya untuk bekal mereka menjadi Paskibraka dan kelak sesudah menjadi Purna Paskibraka Indonesia.
Dalam kesempatan itu ketua Purna Paskibraka Indonesia Kabupaten Bekasi, Masyhur Farhani, ST menyempatkan waktu datang sejak awal acara hingga selesainya acara serta didampingi oleh BPH (Badan Pengurus Harian) lainnya juga beberapa Kepala Bidang. Diklatsar tahun 2010 ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari proses pembinaan calon Paskibraka Kabupaten Bekasi setelah mereka menempuh berbagai seleksi yang sangat ketat yaitu sejak tanggal 28 Februari 2010 yang lalu.

Dari lebih kurang 345 siswa dari perwakilan sekolah SLTA di Kabupaten Bekasi yang mengikuti seleksi, yang terpilih menjadi calon anggota Paskibraka hanya 40 orang. Hal ini dilakukan dengan sangat ketat dan subjektif berdasarkan penilaian yang dilakukan oleh tim penilai diantaranya adalah perwakilan Kodim Bekasi dan Pengurus Purna Paskibraka Indonesia itu sendiri.

Dalam Diklatsar ini peserta mulai diperkenalkan tentang pola pendidikan di Paskibraka salah satunya adalah pembinaan mentalitas siswa. Penting sekali dilakukan penggemblengan mental karena tugas mereka amat berat dan disaksikan oleh ratusan orang yang hadir pada Upacara Hari Proklamasi Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2010 nanti. Untuk itu perlu dipersiapkan mental-mental yang kuat agar mereka tidak grogi atau demam panggung. Selain itu seperti yang dikatakan oleh Pembina Paskibraka Drs. Hasan Asari, M.Pd bahwa Diklatsar ini merupakan salah satu bagian dari proses pendidikan bagi calon anggota Paskibraka yang harus ditempuh untuk mendpatkan bekal-bekal menjadi calon anggota Paskibraka.

Paskibraka tahun 2010 ini dihadapkan oleh suatu bulan yang amat suci yaitu bulan suci Ramadhan, disatu sisi mereka sedang menjalankan ibadah puasa bagi yang beragama Islam. Dalam keadaan ini mereka harus melaksanakan tugas untuk mengibarkan bendera, oleh karena itu fisik dan mental mereka harus sudah dipersiapkan jauh hari sebelum menjelang bulan puasa Ramdahan tiba. Oleh karena itu Diklatsar ini hendaknya lebih menekankan pada aspek rohani selain latihan baris-baris yang selalu dilaksanakan.

Pendidikan Latihan Dasar ini juga merupakan awal membentuk pola perwatakan pemuda Indonesia. Mereka harus sudah mengenal diri mereka sendiri, belajar disiplin, bertanggung jawab dan yang paling penting mereka sudah harus belajar mandiri. Pun dalam Diklat ini mereka diperkuat laki persatuan dan kesatuan sesama anggota Calon Paskibraka yang selama ini mereka belum begitu mengenal watak-watak teman satu angkatan. Melalui Diklatsar semua anggota Calon Paskibraka harus mengenal lebih dekat lagi masing-masing teman yang berbeda sekolah itu.

Harapan kami selaku pengurus Purna Paskibraka Indonesia, melalui Diklatsar tahun 2010 dapat membentuk pemuda-pemuda Indonesia khususnya Kabupaten Bekasi menjadi pemuda yang nasonalis, patriotik, dan pemuda yang semangat serta penuh tanggung jawab.